Hal yang tidak bisa dipungkiri dalam dunia periklanan adalah pentingnya media iklan yang mempunyai daya tarik visual yang tinggi. Salah satu tipe media iklan visual yang sering dipakai adalah Baliho. Baliho atau biasa disebut billboard, dipakai oleh banyak orang dalam rangka memperkenalkan suatu produk, jasa atau bahkan kampanye sosial.
Fungsi Baliho
Baliho mempunyai fungsi utama sebagai media promosi atau iklan. Baliho bisa juga mempunyai fungsi sebagai sosialisasi suatu kampanye tertentu. Baliho yang dipakai untuk sosialisasi ini umumnya berisi kampanye tentang sosial politik, antinarkoba, penghijauan dan masih banyak lagi.
Ciri-ciri Baliho
Ciri-ciri dari Baliho, antara lain:
- Ukuran yang besar
- Kualitas gambar yang baik
- Letaknya strategis
- Pesan yang mudah dicerna
Jenis Baliho
Baliho juga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:
- Baliho digital: Jenis Baliho ini menggunakan teknologi digital dan seringkali dipakai sebagai media iklan di jalan tol.
- Baliho terang: Jenis Baliho ini dilengkapi lampu yang menyala di malam hari.
- Baliho kanvas: Jenis Baliho ini memiliki permukaan yang dilapisi oleh kain yang kemudian diberi serat dan resin, sehingga Baliho ini bisa bertahan lama.
Cara Pembuatan Baliho
Untuk bisa membuat Baliho dengan kualitas yang baik, beberapa hal perlu diperhatikan. Caranya adalah sebagai berikut:
- Mempersiapkan desain Baliho dengan baik agar nantinya memudahkan proses pembuatan Baliho.
- Memilih bahan Baliho yang terbaik dengan kualitas yang baik.
- Memilih printer yang menjamin kualitas cetakan.
- Proses cetakan dibagi menjadi beberapa lembar, karena Baliho dengan ukuran besar umumnya dicetak dalam beberapa lembar.
- Proses penyambungan lembar-lembar cetakan dilakukan dengan merapikan dan memperbaiki detail agar nantinya hasil bisa sesuai dengan desain.
- Proses cutting atau potong manual bisa dilakukan dengan pisau atau printer yang mempunyai kemampuan cutting.
Jasa Pemasangan Baliho
Jasa Pemasangan Baliho bisa menjadi solusi bagi orang yang tidak bisa memasang Baliho sendiri. Saat ini banyak jasa pemasangan Baliho yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Jasa Pemasangan Baliho biasanya menawarkan jasa cetak, sablon dan pemasangan.
Analisis Semiotika Pragmatik dan Sosial pada Iklan
Iklan adalah salah satu bentuk Baliho yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Analisis semiotika pragmatik dan sosial pada iklan melibatkan pemahaman tentang tanda atau simbol yang digunakan dalam iklan itu sendiri, konteks sosial yang mempengaruhinya, dan konteks pragmatik di mana tanda-tanda tersebut dipakai.
Seperti bisa dilihat pada iklan tersebut dengan cara berkaca pada teksnya, pesan yang disampaikan pada iklan tersebut adalah tentang kualitas Baliho dan jasa pemasangannya. Dengan demikian, maka penerima iklan hendaknya memilih dan mempercayakan jasa pemasangan Baliho pada yang benar-benar berkualitas.
Kesimpulan
Baliho adalah salah satu media iklan yang sangat efektif dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Tentu saja, pembuatan Baliho yang berkualitas membutuhkan proses yang tidak mudah dan membutuhkan ketelitian dan ketegasan dalam memilih bahan Baliho yang tepat, mencetak cetakan dengan kualitas terbaik, melakukan penyambungan lembaran dan melakukan potongan yang presisi dan rapi. Terakhir, memilih jasa pemasangan Baliho juga penting agar menjadikan Baliho yang dipasang lebih efektif dalam menarik perhatian masyarakat karena pilihan lokasi yang tepat.
Cara Pembuatan Baliho dengan Detail | Bonafide
Baliho mempunyai fungsi utama sebagai media promosi atau iklan. Baliho bisa juga mempunyai fungsi sebagai sosialisasi suatu kampanye tertentu. Baliho yang dipakai untuk sosialisasi ini umumnya berisi kampanye tentang sosial politik, antinarkoba, penghijauan dan masih banyak lagi. Dalam membuat Baliho yang berkualitas perhatikan bahan Baliho yang terbaik dengan kualitas yang baik serta printer yang menjamin kualitas cetakan. Baliho dengan ukuran besar umumnya dicetak dalam beberapa lembar, lalu lembar-lembar cetakan disambung dan dipotong secara presisi dan rapi.
Pengertian BALIHO adalah: Ciri-Ciri, Fungsi, Manfaat, dan Jenis Baliho
Baliho sebagai media promosi atau iklan mempunyai ciri-ciri antara lain ukuran besar, kualitas gambar yang baik, letak strategis dan pesan yang mudah dicerna. Baliho bisa digunakan sebagai sosialisasi kampanye sosial politik, antinarkoba, penghijauan dan masih banyak lagi. Jenis Baliho dibagi menjadi tiga, yaitu Baliho digital, Baliho terang dan Baliho kanvas.
jasa Pemasangan dan Sablon Baliho
Jasa Pemasangan Baliho biasanya menawarkan jasa cetak, sablon dan pemasangan. Dalam memasang Baliho, peranan lokasi sangat penting agar iklan kita menjadi efektif dan menarik perhatian. Jangan lupa memilih jasa pemasangan Baliho yang berkualitas agar Baliho kita terlihat lebih profesional dan efektif.
ANALISIS SEMIOTIKA PRAGMATIK DAN SOSIAL PADA IKLAN
Analisis semiotika pragmatik dan sosial pada iklan melibatkan pemahaman tentang tanda atau simbol yang digunakan dalam iklan itu sendiri, konteks sosial yang mempengaruhinya, dan konteks pragmatik di mana tanda-tanda tersebut dipakai seperti pada iklan jasa pemasangan Baliho. Pesan yang disampaikan pada iklan tersebut adalah tentang kualitas Baliho dan jasa pemasangannya.